Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM
Kembali

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Ponorogo merupakan salah satu unit kerja di bawah Rektor yang melaksanakan tugas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam kerangka Tri Dharma Perguruan Tinggi. Lembaga ini dipimpin oleh Ketua Lembaga, Sekretaris, Ketua Pusat Penelitian, dan Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya lembaga ini juga berkewajiban menjalin kerjasama dengan berbagai institusi karena kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi harus terintegrasi dengan lingkungan sekelilingnya. Kerjasama adalah bentuk interaksi antar dua atau lebih pihak yang terlibat dalam rangka mewujudkan kegiatan bersama yang saling menguntungkan. 

Keterkaitan intern Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat merupakan satu kesatuan yang bertujuan meningkatkan mutu proses pembelajaran dan pengembangan pendidikan tinggi. Oleh karena itu kewajiban dosen yang terbagi dalam 3 (tiga) bidang, yaitu pendidikan (pengajaran), penelitian, dan pengabdian masyarakat harus dijalankan secara proporsional dan profesional. Dalam Bidang Penelitian, LPPM memberikan kesempatan dan pendampingan  kepada seluruh dosen untuk mengajukan proposal penelitian yang pendanaannya berasal dari internal Universitas Merdeka Ponorogo maupun sumber dana eksternal seperti DRPM Kemenristek Dikti, Pemerintah Daerah, dan sebagainya. Demikian juga Bidang Pengabdian Masyarakat, LPPM juga memberikan kesempatan kepada seluruh dosen untuk melaksanakan tugas pengabdian masyarakat. 

Dalam Bidang Publikasi Ilmiah, LPPM Universitas Merdeka Ponorogo mengelola Jurnal Ilmiah cetak ber ISSN, yaitu:

1. Jurnal Realita, untuk rumpun Ilmu Hukum, Manajemen, dan Administrasi Negara  

b.  Jurnal Flora, untuk rumpun Ilmu Pertanian

Untuk meningkatkan kemampuan dosen,  LPPM juga menyelenggarakan pelatihan penulisan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk workshop, pelatihan serta asistensi dengan mengundang narasumber yang kompeten. Selain itu LPPM juga mendorong setiap dosen untuk aktif mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Kopertis, PTN/PTS, serta institusi lain.