Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat
Kembali

Lembaga Penelitian Pengembangan Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Ponorogo merupakan lembaga pelaksanam Tri Dharma Perguruan Tri Dharma yang utamanya kegiatamya adalah penelitian dan Pengembangan Pengabdian Masyarakat untuk seluruh Civitas Akademik, merupakan kewajiban sebagai amanah yang harus dilakukan oleh komponen Perguruan Tinggi dosen maupun mahasiswa. Kegiatan Tri Dharma harus terintegrasi dengan lingkungan sekelilingnya. Kerjasama adalah bentuk interaksi antar dua atau lebih pihak yang terlibat dalam rangka mewujudkan kegiatan bersama yang saling menguntungkan.

Keterkaitan intern Pendidikan, penelitian dan Pengabdian pada masyarakat merupakan pengembangan Pendidikan Tinggi di masa depan perlu adanya reorientasi agar mampu menghadapi tantangan yang bersumber dari tuntutan internal dan tuntutan eksternal. Sehingga Perguruan Tinggi yang bereputasi tinggi berkembang dengan issue utamanya HELTS. HELTS diarahkan pada 3 issue utama yaitu:

a.  Nations Competitivences (Peningkatan Daya Saing)

b.  Autonomy (Otonomi Pengelolaan Pendidikan)

c.  Organizational healts (Peningkatan Kesehatan Organisasi                 Penyelenggara Perguruan Tinggi)

Oleh sebab itu tugas utama dari pada LP3M melaksanakan Tri Dharma yaitu, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat yang tidak boleh dipisahkan antara satu dengan lainnya.

Adapun program-program yang telah dilaksanakan adalah:

 

a. Kerjasama dengan LSM Algein Maret 2008, tentang penyusunan master plan penanggulangan kemiskinan Daerah Ponorogo, Diklat Pelatihan Instruktur pada SLB (2009)

b. Pelatihan Penelitian dan Penyusunan Proposal Ke II, bagi dosen-dosen Universitas Merdeka Ponorogo, oleh Dr. U. Sumartono, SU.

Pelaksanaan tahun 2008

c.  KKN tahun 2008/2009 di kel. Tonatan dan KKN tahun 2009/2010 di Kecamatan Sampung Ponorogo.

d.  Pengajuan Penelitian yang didanai dari DP2M Dikti untuk anggaran 2009, dengan jumlah penelitian:

3 judul Penelitian Dosen Muda

1 judul Penelitian Kajian Wanita

4 judul Penelitian Hibah Bersaing

Pengajuan Mei 2008

e.   Mimbar Ilmiah pada bulan Juni 2009.

f.  Lokakarya “Strategi Pengembangan Diksus dan layanan khusus  dalam rangka mencapai  MDG’S 2015” (lapas Blitar) di hotel latiban  Ponorogo (2009).

g.  Pelatihan Operator EPSBED genap 2008 di ruang LAB. Komputer  (2009).

h.  Pengajuan usulan Penelitian Hibah Bersaing, Kajian Wanita, dan    Fundamental ke Dikti 2010.

i.    Penghijauan di desa Banaran Pulung tahun 2010.

j.  Penelitian kerjasama dengan Pemkab Ponorogo mengenai profil  masyarakat desa tertinggal di Kec. Jambon.

 

Program-program LP2M utamanya mengharuskan setiap dosen melakukan penelitian, mengadakan mimbar ilmiah (seminar hasil penelitian). Penelitian yang diambil mengenai masalah-masalah yang up to date dan mempunyai relevansi dengan pembangunan daerah. Sebagian Dosen juga mengadakan penelitian mandiri untuk mencukupi persyaratan kenaikan pangkat jabatan akademik. Ada penelitian yang mampu memberikan sumbangan pemikiran terhadap PEMKAB Ponorogo seperti penelitian Strategi Pemulihan Citra Kepala Desa dan Masa Jabatannya.

Dalam pelaksanaan Pengabdian Masyarakat sasaran yang dituju didasarkan pada basil penelitian/ observasi dosen terhadap masalah-masalah terkini pada masyarakat. Agenda Rutin Pengabdian Masyarakat yang melibatkan dosen dan mahasiswa adalah Kegiatan Penyuluhan Masyarakat, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan setiap tahun akademik untuk semua Fakultas