Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
Kembali

BAAK

Dalam rangka menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi, bidang akademik merupakan unsur terpenting sebagai eksistensi sebuah Perguruan Tinggi. Sebagai PTS di daerah Universitas Merdeka Ponorogo selalu berusaha menjalankan norma-norma akademik sebaik mungkin menurut kemampuan yang ada. Hal ini mengingat karakteristik mahasiswa yang berasal dari kualifikasi akademik rendah sampai dengan cukup, serta status mahasiswa sebagai mahasiswa pegawai. Kondisi ini tidak menyurutkan langkah bidang akademik untuk dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi sesuai dengan program studi masing-masing.

Dengan mengingat pentingnya eksistensi sebuah perguruan tinggi maka sejak tahun 2006 di Universitas Merdeka Ponorogo dibentuk Lembaga Penjaminan Mutu Universitas (LPMU) yang bertugas mengawal kinerja sivitas akademika agar senantiasa mengedepankan praktek-praktek governance yang baik. LPMU saat ini telah membuat konsep-konsep butir-butir mutu secara optimal dan keberadaan lembaga ini telah memberikan dukungan moril bagi komitmen menjaga mutu Universitas Merdeka Ponorogo. 

1.   Perkuliahan

Perkuliahan di Universitas Merdeka dilaksanakan pada sore hari dan pagi hari dengan menggunakan sistem paket. Secara umum perkuliahan di masing-masing fakultas telah berjalan normatif. Keinginan untuk melaksanakan kuliah pada pagi hari sebagian telah terlaksana dan penerapan sistem. SKS belum dapat dipenuhi karena masih terkendala pada tiga hal pokok, yaitu 

a.    Input mahasiswa baru yang masih didominasi oleh mahasiswa bekerja

b.    Kesulitan merubah corporate culture dari sistem paket kepada sistem SKS

c.    Terbatasnya dana untuk menunjang terlaksananya kuliah pagi dan sistem SKS

Namun perkuliahan untuk pagi hari mulai tahun akademik 2010/2011 telah dapat dilaksanakan khusus mahasiswa baru Fakultas Hukum.

Oleh karena itu untuk menjaga kualitas perkuliahan secara efektif dan efisien diterapkan ketentuan normatif sebagai berikut:

a.    Mengefektifkan jam perkuliahan dengan petugas piket dari fakultas

b.    Menerapkan persyaratan prosentase kehadiran (70%) untuk mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).

c.    Menerapkan Semester Pendek (Kuliah Pembinaan dan Ujian Ulang) bagi mahasiswa yang tidak memenuhi kehadiran kuliah.

d.    Mengefektifkan perkuliahan Kelas Reguler B dengan jadwal Jum'at, Sabtu dan Minggu.

e.    Mewajibkan seluruh dosen menyusun Garis-garis Besar Pengajaran (GBPP) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP).

f.     Mewajibkan kepada dosen untuk memakai buku-buku baru (terbitan tahun 2000 keatas) sebagai literatur.

Adapun media perkuliahan dengan menggunakan perpaduan antara sarana-­sarana sebagai berikut :

a.    Tatap muka / ceramah

b.      Penggunaan media OHP dan LCD (13 ruangan telah dilengkapi LCD dan AC)

c.    Diskusi / seminar kelompok

d.    Pemberian tugas-tugas terstruktur mandiri maupun kelompok

Namun demikian masih ditemukan beberapa kekurangan dalam penyelenggaraannya, yaitu :

a.    Belum semua dosen melakukan revisi dan pembaharuan GBPP dan SAP

b.    Belum semua dosen mempergunakan media pendukung OHP dan LCD dalam perkuliahan, meskipun telah dipersiapkan.

c.    Tingkat kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan belum optimal 

2.   Mahasiswa Pindahan / Transfer

Penerimaan mahasiswa baru (PMB) bagi mahasiswa transfer atau pindahan diatur sebagai berikut :

a.    Program studi mahasiswa pada PT Asal harus sejurusan atau setidak-tidaknya relevan dengan program studi yang dipilih di Universitas Merdeka Ponorogo.

b.   Melampirkan copy Ijasah Sarjana Muda atau Diploma bagi mahasiswa transfer atau Daftar Hasil Studi Kumulatif atau Transkip Nilai dari PT Asal yang dilegalisir bagi mahasiswa pindahan.

c. Program Studi c.q Fakultas memeriksa keabsyahan berkas persyaratan akademik dari PT Asal.

d.    Program Studi c.q Fakultas menyusun Alih Kredit yang ditanda tangani Dekan dan disyahkan oleh Rektor.

Dalam realisasinya penerimaan mahasiswa transfer atau pindahan sudah berjalan seperti ketentuan, yaitu pada mahasiswa memiliki berkas-berkas dari PT Asal yang berupa Transkip Nilai / KHS / Ijasah Sarjana Muda maupun Diploma.

3.   Evaluasi

a.    Sistem Ujian

Dalam setiap semester dilakukan evaluasi dengan cara melaksanakan ujian. Ujian dimaksudkan untuk mengukur dan menilai kemajuan dan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan materi masing-masing matakuliah sehingga mempunyai kompetensi sesuai program studi. Kegiatan ujian terdiri dari :

-   Ujian Tengah Semester (UTS) : dilaksanakan setelah minimal 8 kali tatap muka untuk maka kuliah 2 atau 3 SKS dan setelah 16 kali tatap muka untuk mata kuliah 4 SKS.

-    Ujian Akhir Semester (UAS) : dilaksanakan setelah 16 kali tatap muka untuk mata kuliah 2 atau 3 SKS dan 32 kali tatap muka untuk matakuliah 4 SKS. Pelaksanaan UTS dan UAS dikoordinasikan oleh BAAK.

-   Tugas Terstruktur : pemberian tugas oleh dosen kepada mahasiswa seperti paper, makalah, resume, kliping dan sebagainya.

-  Ujian Perbaikan : untuk mahasiswa yang tidak lulus dalam UAS maka fakultas menyelenggarakan Ujian Perbaikan

- Ujian Skripsi : ketentuan pelaksanaan diatur oleh fakultas dengan persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

-     Daftar Nilai atau Kartu Hasil Studi (KHS) dikeluarkan oleh fakultas setelah UAS selesai

-   Evaluasi kinerja perkuliahan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Universitas (LPMU) : dilakukan melalui Angket Kinerja Dosen kepada mahasiswa.

 

Dalam pelaksanaannya dapat dilaporkan sebagai berikut

-     UTS dan UAS telah berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

-   Pemberian tugas terstruktur kepada mahasiswa telah berjalan meskipun ada sebagian dosen belum melaksanakan.

-     Ujian Perbaikan dilaksanakan oleh Fakultas dengan tidak terjadwal secara kontinyu. Pelaksanaannya memprioritaskan pada mahasiswa semester akhir yang akan menyelesaikan studinya.

-   Penerbitan KHS telah berjalan sebagaimana mestinya. Fakultas memberikan KHS kepada mahasiswa apabila mahasiswa telah menyelesaikan UAS. Pelaksanaan Ujian Skripsi pada umumnya telah berjalan normatif. Namun masih sering terjadi keterlambatan jadwal ujian, terutama pada Fakultas Hukum

b.    Skripsi

Bimbingan Skripsi pada umumnya diselenggarakan setelah mahasiswa menempuh 120 SKS atau berada pada Semester VII. Pelaksanaan lebih lanjut dilakukan oleh fakultas dengan ketentuan sebagai berikut :

-     Pembagian Dosen Pembimbing dengan memperhatikan syarat kepangkatan akademis dan keahlian dosen. (minimal S-2, Asisten Ahli)

-     Tugas teknis Pembimbing I dan Pembimbing II ditentukan berdasarkan musyawarah mufakat dari masing-masing pembimbing yang bersangkutan. 

c.    Yudisium

-     Mahasiswa yang telah menyelesaikan semua mata kuliah perlu dikeluarkan Surat Yudisium

-     Untuk mengeluarkan Surat Yudisium perlu diselenggarakan Rapat Yudisium pada tingkat fakultas

-     Yudisium Kolektif diselenggarakan oleh Universitas dalam rangka persiapan wisuda.

Dalam realisasinya Surat Yudisium telah di rapatkan pada tingkat fakultas dan universitas dalam rangka persiapan wisuda. Kemudian berdasarkan Surat Yudisium. ini Dekan mengajukan penerbitan ijazah kepada Rektor c.q Pembantu Rektor I melalui BAAK dengan melampirkan :

-     Transkip Nilai Kumulatif

-     Lembar Alih Kredit bagi mahasiswa transfer

-     Lembar Anfullen apabila diperlukan

-     Berita Acara Bimbingan Skripsi

-     Berita Acara Ujian Skripsi

-     Beberapa persyaratan di atas merupakan prosedur standar untuk memastikan bahwa lulusan telah melalui proses akademik sebagaimana, mestinya. 

4.   Tenaga Pengajar

a.    Dalam rangka pembinaan selalu dilakukan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke Program Pasca Sarjana dan Doktor dan kenaikan Pangkat Jabatan Akademik. Hasilnya dewasa ini sebagian besar (95%) dosen telah berpendidikan Magister. Bahkan satu orang dosen Fakultas Pertanian sedang menempuh pendidikan tingkat Doktor. Sedangkan untuk kenaikan kepangkatan akademik telah terealisasi dengan baik. Sebanyak 16 orang dosen tetap telah mengajukan kepangkatan Asisten Ahli, semua telah turun SK, maka semua dosen telah memiliki jabatan akademik. 

b.  Mendorong dan menfasilitasi dosen untuk melakukan penelitian melalui Program Pelatihan dan Asistensi Penyusunan Proposal Penelitian dan Hibah Bersaing oleh Dr. Ir. Sumartono, MS. Program ini memberikan hasil nyata berhasil mengirimkan proposal-proposal penelitian dan Hibah Bersaing ke Dikti. Dalam tahun 2007/2008 lolos dua proposal.

c.    Mendorong melakukan interaksi dengan lingkungan eksternal melalui berbagai seminar, workshop, aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan sebagainya. Selain itu sebagai bagian dari masyarakat sebagian dosen juga aktif dalam beberapa organisasi sosial kemasyarakatan. Dengan berbagai aktivitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas kapasitas pribadi yang dapat menunjang proses perkuliahan.

d.    Memberikan informasi tentang perkembangan kurikulum dan pengajaran melalui rapat-rapat akademik dan Surat edaran dalam rangka peninjauan kembali GBPP dan SAP. Selain itu beberapa pimpinan akademik dan dosen telah dikirim mengikuti Pelatihan tentang Kurikulum dan Metode Pengajaran. Demi meningkatkan kualitas kompetensi program studi perlu dilakukan workshop atau pelatihan sejenis di kampus Universitas Merdeka Ponorogo.

e.    Pembinaan dosen yunior oleh dosen senior baik melalui metode human interest maupun sarana lain seperti diskusi, seminar, pendampingan penelitian maupun penugasan-penugasanan dalam bidang lainnya.

f.     Membagi dan mengarahkan dosen dalam bidang spesialisasi mata kuliah sesuai dengan minat, keahlian dan latar belakang ilmu.

g.    Adanya pemantauan kinerja dosen yang dilakukan oleh Bidang Akademik dan LPMU.

Sebagai gambaran tentang kualifikasi dosen di lingkungan Universitas Merdeka Ponorogo. 

·         Jumlah Dosen pengajar pada 4 (empat) prodi di Universitas Merdeka Ponorogo sampai dengan tahun akademik 2011/2012

Status Dosen

Jumlah

Dosen DPK

10 orang

Dosen Tetap Yayasan

28 orang

Dosen Tidak Tetap

14 orang

Jumlah

52 orang

 

Sumber Data : Borang Akreditasi tahun 2012 

Keterangan :

·         Yang telah memiliki SERDOS (sertifikasi)  :  20 orang

·         Sisanya segera memiliki sertifikasi

·         Kualifikasi pendidikan terakhir Dosen Universitas Merdeka Ponorogo sampai dengan tahun akademik 2011/2012

Pendidikan

Jumlah

Lulus S2

47 orang

Sedang menjalani pendidikan S2

3 orang

Sedang menjalani pendidikan S3

1 orang

Jumlah

51 orang

Sumber Data : Borang Akreditasi tahun 2012